Kamis, 10 Januari 2013

Makalah Diklat PMR


 Diklat Dasar PMR Wira MANSDA 
Angkatan XXV
 Jaayuusssss.... 



Disusun oleh       :

 Nauvalia Charismaningrum
X-13
Kelompok 2


MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDOARJO
TAHUN AJARAN 2012-2013



Kata Pengantar
                Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmatnya kepada kita sehingga saya dapat menyelesaikan laporan kronologi diklat PMR Wira MANSDA angkatan XXV ini dengan tepat pada waktunya.
          Laporan ini disusun untuk menceritakan tentang pengalaman saya saat mengikuti diklat PMR dan juga untuk menyelesaikan tugas PMR Wira MANSDA.
          Dalam penyusunan laporan ini saya (penulis) tidak dapat menyelesaikannya dengan baik tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak. Saya selaku penulis laporan makalah kronologi diklat PMR Wira MANSDA ini sangat mengharap kritik dan saran dari pembacau untuk menyempurnakannya. Dan saya berharap semoga laporan kronologi ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.









                                                                                                                                Penyusun

                                                                   Nauvalia Charismaningrum




DAFTAR ISI


       I.            Kata Pengantar . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .      ( 02 )
     II.            Daftar isi . . . . . . . .. . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .       ( 03 )
  III.            Diklat Ruang . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .       ( 04 )
  IV.            Diklat Lapangan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .       ( 06 )
    V.            Penutup . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .       ( 16 )

                                  









Diklat Ruang

½ Senin, 03 September 2012 (15.00-16.50)
            Hari ini pertama kali diklat ruang, meski sudah orientasi tetep ajj ada rasa males soalnya pulang sekolah langsung diklat. Sebelum dimulai materi kita upacara telebih dahulu. Setelah upacara, ada materi dari Mas Sub yaitu materi Pertolongan Pertama. Awalnya sih, waktu diterangin tentang materi pertolongan pertama aku ngga nyambung banget soalnya aku belum pernah dapet materi tentang PMI ataupun PMR. Ini lah pengalaman ku pertama kali ikut anggota PMR J
½ Selasa, 04 September 2012 (14.45-16.00)
Hari yang ke-2 ini juga diajar sama mas Subkhan tapi yang  disampaikan materi Penilaian, meski beda materi akk tetep bingung antara penilaian dan Pertolongan Pertama, tapi setelah itu aku ngerti kok soalnya waktu  Mas Sub nerangin jelas banget jadi ya nyambung banget.
½ Rabu, 05 September 2012 (14.30-16.30)
Hari yang ke-3 ini materinya tentang PK (Peralatan Keluarga) yang di sampaikan sama mbak Alfi dan mbak Amas. Yang dikit membosan kan karena bercanda tak boleh L
tapi, yang lucunya tahap
mencuci tangan dengan baik dan tahap meletakkan celemek aku sedikit bingung soalnya banyak banget yang kata-katanya diulang-ulang. Apalagi yang waktu meletakkan celemek aku ngga ngerti banget tapi setelah Kak Amas ngejelasin berulang-ulang akhirnya aku ngerti juga. Dan  akk nyoba maju ke depan untuk praktek cuci tangan bersama mas Adi, eehh ak malah grogi gak bisa bicara.
hehehehehe :D
½ Jumat, 07 September 2012 (14.50-16.10)
Nahh.... hari yang ke-4 ini waktunya tes praktek PK rasanya aku deg-degan banget soalnya semua pelajaran yang aku pelajarin kemaren aku lupa. Jadi ya, wktu mau praktek aku agak was-was, takut ada yang salah, yang lucu bangett sampek akk ketawa terus :D
prakeknya ini akk jadi P2 yang tangannya dicuci yg jadi P1 Inas  
J

½ Sabtu, 08 September 2012 (14.50-16-10)
Ini hari yang ke-5 ak diklat ruang, aku bener-bener takut soalnya ada praktek penilaian padahal waktu di jelasin  di materi penilaian aku ngerti, tapi karna hari ini aku takut karena ada praktek jadi ada materi-materi yang ngga aku inget, untungnya sebelum praktek kak Jupita sama kak Vicky ngulang materi yang kemaren jadi ya aku bias inget lagi deh materi yang aku lupa tadi. Dan  dikit bosen soalny  waktu praktek yang gak boleh rame L Boseenn banget!!!

½ Kamis, 13 September 2012 (14.45-17.00)
Hmmmm.. -,-  hari yang ke-6 ini kelompokan yang di suruh bawa alat²  buat mendirikan bivoac. Dan sekarang  waktu materinya mas Oi tentang jungle survival, waktu ngajar orangnya asyiik kok, tapi ya gitu nakut in, kadang marah tapi setelah marah-marah dia ketawa-ketawa. Kalo menurut ku orangnya asiik, serius tapi sambil bercanda. Materinya ngga cukup sampai penjelasan tentang jungle survival tapi ada juga materi tentang cara pembuatan bivoac. Materi ini mengajarkan kita gimana caranya bertahan hidup di alam bebas tanpa ada logistik. Setelah mas Oi memberikan materi, kita diajak membuat bivoac di halaman depan. Diajarkan bareng² caranya membuat bivoac. J
½ Jumat, 14 September 2012 (15.00-17.00)
Naahhh... ini hari ke-7 yang aneh banget kan materi tentang Kepemimpinan dan Komunikasi yang diajarkan sama mas Hardika ketua OSIS pertamanya bosenin, tp lama² akk tanya jawab sama dia lebih tambah enak dan mudeng sama meterinya :D
Terus waktunya mas Hardika habis, diganti sama mas
² yang aneh dan bosenin L
½ Sabtu, 15 September 2012 (14.30-17.00)
Ini waktunya akk gak masuk dan gak ikut Ujian tulis DIKSAR karna akk ada masalah keluarga. Dan ujiannya di ganti hari selasa tgl 18 september 2012.





Diklat Lapangan
Hari pertama
Jumat, 21 September 2012
*    Pukul 14.15 – 14.35 (upacara pembukaan)
Akk dan semua temen berkumpul di depan sekolah MANSDA karna mau Diklat PMR. Sebelum berangkat kita berdoa bersama dan melakukan upacara dulu, saat itu akk malu karna upacanya didepan sekolah dan diliat banyak orang, dilihat sama anak² pas pulang sekolah. Karena kita berpakaian aneh pakai topi segala -__-
*   Pukul 14.35 – 15.15 (perjalanan ke kali putih)
Sekarang mulai berangkat ke kali putih (pandaan). Akk kira kita semua naik bis ehh.. ternyata naek TRUKK L udah truk pasir lagi :’( tp waktu diperjalanan juga seru ambil² buah mangga dari pohon :D dan bernyanyi-nyanyi bareng kakak senior biar gak bosen dan lama kelamaan juga capek dan terasa ngantuk. Sehingga akk juga ketiduran di pangkuan Inas temen ku J
*  Pukul 15.15 (sampai kali putih)
Huh akhirnya jam 15.15 qta sampai di Desa Kali Putih. Selama di perjalanan memang ngeliat pemandangan yang baguss banget tapi ya gitu capeknya di dalam truk itu lo yang ngga kuat. Setelah sampai disana qta nurunin barang-barang yang ada di truk. Kirain aj setelah itu qta istirahat bentar ternyata qta masih harus jalan ke atas , dan kakak KORLAP (kak Hadi dan kak Ipe) mulai garang dan suruh cepet² turun dari truk padahal tasny berat banget L

*  Pukul 15.20 - 15.35 (menuju logistik)
Terus suruh jalan ketempat logistik yang bawa beban tas buerat banggeett L belum² tas nya Ekie temen kolompok ku putus, untung ajj cepet bisa di perbaiki, sudah mulai KORLAP marah² terus. Untung ajj sudah sampek ke tempat logistik dan bisa istirahat :’)

*    Pukul 16.00 (pengecekan)
Setelah jalan dengan bawa tas seberat itu, qta sampai di tempat logistic, sampai disana semua barang-barang qta di cek in  satu-satu. Dan waktu itu semua barang-barangnya di suruh ngeluarin semua, ehh.. ternyata akk kurang bawa korek api nya L Saat itu juga semua disuruh KORLAP menuju ke atas.
*  Pukul 16.00-17.00
Terus semua disuruh KORLAP naik ke atas, akk kira di ajak kemana gitu.. ehh ternyata dibacain tata tertib DIKSAR yang isiny yang tdk menaati aturan dapet 1 piring (25 push up dan 25 sit up), hmmm..... sekarang mulai KORLAP tanyak sapa tadi yang gak lengkap ternyata ada 17 anak dan disuruh bayar hutang 17 piring yang dijumlah 17x(25+25)=850. Haaahhhh.... :O semua kaget dan semua suruh bayar itu, tp kita semua Cuma bisa bayar utang 7 piring saja karena semua temen udah pada gak kuat. Emang sih ! yaaaa ammpuuuun rasanya capeeeek banget deh. :’(
*  Pukul 17.10-17.30
Setelah qta dihukum, qta disuruh turun kebawah. Sampai dibawah qta dikasih tau kalo qta mau menuju ke camp 1. Dan disitu kelompok 3 cuma dikasih 2 botol aqua, 1 kantong plastic beras, 5 mie, 3 susu, 2 sachet teh, 4 nescafe, 3 telor, margarine dan 3 senter. Setelah itu qta disuruh beresin barang-barang yang udah di siapin (masukin barang-barang ke tas). Setelah itu kita naik ke atas untuk menuju ke camp 1. Astaghfirullah.... jalan menuju camp I  jauh bangett dan jalannya naik turun pula, sudah bawa beban tas yang berat L terus temen  sekelompok ada yang sakit karna gak kuat jalan lagi. Hingga berhenti terus  smabil istirahat dan shalat magrib berjamaah. Setelah itu dilanjutkan perjalanan ke camp I.
*  Pukul 17.45-18.00
Sekarang sudah nyampai camp I dan sudah mulai gelap suasana nya. Dan kita cari tempat buat bikin bivoac. Setelah bikin bivoac qta masak, sebagian bersihin bivoac buat tidur sebagian lagi bantuin masak. Waktu itu qta cuma masak nasi dikit sama ikan asin. Setelah makan qta sholat. Setelah sholat qta di suruh istirahat bentar kirain seh tidur soalnya capeek banget tadi udah disuruh push up n sit up, ternyata cuma istirahat biasa alias duduk-duduk.



*  Pukul 18.00-19.00
Hari sudah mulai gelap tetap ajj kita ada kegiatan disuruh bikin bivoac yang sudah di sediakan sama panitia. Gelap² gini kita bikin bivoac selesai itu kita shalat isya’ berjamaah dan gantian ada yang masak buat makan malam dan shalat. Masakan kelompok ku Cuma mie goreng 2 sama kentang 1 buah, karena kita hemat air. Ya makan seadanya.
*  Pukul 19.15-21.35
Setelah selesai makan dan shalat kita siap² untuk materi, tempat buat bahas materi kita harus berjalan dalam keadaan yang gelap dan harus bawa senter penerangan. Sesampai tujuan kita disuruh duduk tanpa ada alas. Lama kelamaan kakak² malah mulai takut karna dibelakang ada pengganggu atau bunyi ranting berjatuhan. Itu membuat kita malah terganggu dengan itu dan tambah tidak konsentrasi mendengarkan materinya.
*  Pukul 21.35-21.40
Setelah selesai materi kita dikasih makanan 1 kelompok diberi 1 bungkus makanan yang isinya nasi mie dan telur, aku Cuma makan 1 puluk.an doang karna udah gak enak dan gak napsu K
*  Pukul 21.40-00.30
Nahh, ini waktu yang ditunggu-tunggu. Waktunya untuk TIDUR, waktu kakaknya bilang kalo qta disuruh tidur kelompok qu seneng banget soalnya waktu itu qta emang udah kecape’an banget (yang pasti kelompok lain juga seneng). Sudah selesai makan, mata yang sudah mulai ngantuk ini harus di istirahatkan penuh karna besok sudah mulai kegiatan yang sangat capek.

Hari Kedua
Sabtu, 22 September 2012

*    Pukul 00.30-01.10
Gak lama setelah akk tidur tiba-tiba qta dibangunin karna qta ngga ada yang bawa jam jadi qt ngga tau waktu itu jam berapa, aku kira seh jam 3 kalo ngga jam 4. Ehhh ternyata jam 00.30. Waktu qta bangun qta diajak ke suatu tempat yang nggak jauh dari camp. Waktu nyampe sana qta disuruh bayar utang qta yang 18 piring itu. Sebelum itu sih qt di suruh pemanasan dulu. Waktu qta lagi push up n sit up kakak2 seniornya dateng. Dan situ lah qta mulai dimar-marah in, di pukul pake botol aqua kosong, pokoknya waktu itu aq takut banget lah. Salah satu temen qt ada yang dimarahin abis-abisan sama kakak seniornya karna cara push upnya salah. Ada juga yang belum ganti baju karna kemaren dia sakit jadi dia belum sempet ganti, terus ada yang ID Cardnya ngga ada foto mereka juga dimarahin aq ngliatnya kasian, waktu itu panitianya bilang kalo ‘temen kalian itu lo dimarahin ngga kalian bantu ta’, sebenernya mau bantu tapi waktu mau bantuin malah ngga diboleh in sama kakak senior yang laen. Terus qta ditanyain ‘qta kesini itu mau ngpain’ dan ditanya²in mana prinsip dasar 7K (kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuaan, kesemestaan) setelah di jawab ternyata jawabannya salah ehh malah di marahin. Sebenernya waktu itu aku jengkel banget sama kakak seniornya soalnya jahat banget., kita semua disuruh cepet² udah nyawa belum jangkep disentak² terus. Dan kita di suruh jalan ketempat yang gelap dan kita disuruh bayar utang yang kurang 10 piring kemarin. Sudah akk duga firasatku benar kita disuruh kesitu malah dimarah²in habis-habisan sama panitia dan para alumni.
Sampek kepala ku sakitt
L
*    Pukul 01.10-01.35
Setelah di marah²in sama alumni , mas Sub juga dateng mau marahin, eh.. ternyata ngga !!!. Qta disuruh duduh melingkar terus dikasih tau kalo ini semua cuma buat melatih mental qta aja. Tapi tetep ini semua menakutkan. Disela-sela itu mas Sub ngasih qta minum susu anget dan makanan ringan (biscuit dan coklat). Dan juga kita ditenangin dan kita di bilangin panjang lebar agar tidak nakal lagi.
Setelah itu, kita disuruh minum dan makan berbagi
² sama temen. Sampek akk kenyang .
Makasih mas Sub
J
*    Pukul 01.35-04.00
Setelah itu, kita dikasih nasehat sama mas Sub qta disuruh kembali ke bivoac untuk tidur. Untuk tidur kali ini aku ngga bisa tidur soalnya masih kepikiran sama kejadian tadi. Tapi aq maksain buat tidur soalnya kalo ngga gitu besok aq pasti ngantuk banget. Sampe akhirnya aku udah ngerasa ngantuk dan aq ketiduran dehh. -_-  
Gak lama kemudian sekitar jam 04.00 kita dibangunin lagi untuk shalat shubuh.

*    Pukul 04.15-05.15
Kita semua masak bareng dan kita masak nasi, sayur sop, dan ikan asin. Kelompok 1 masak bagian nasi, kelompok 2 masak bagian sop dan kelompok 3 masak bagian ikan asin.
*    Pukul 05.15-06.30
Masakan kita belum mateng semua malah disuruh senam ikut kakak ke atas buat senam dan curhat² tentang kejadian yang kemarin -_-
Akk gak berani curhat karna takut entar malah di incer terus. --“
Tapi ngga itu aja qta curhatnya sambil ngeliat pemandangan yang baguuuus bangeeet. Pokoknya waktu itu seru banget.
*    Pukul 06.30-06.45
Habis kita senam diatas kita kembali ke camp I untuk menyiapkan makanan dan semua terkejut karna sudah ada ikan asin, soalnya tadi belum ada ikan asinnya. Yaudah, terus kita makan bersama tapi sekarang tak pakai piring lagi tapi pakai alas plastik sampah, makanan yang kita masak tadi di beber dibawah, kaya’ bebek lagi makan gitu. Ihh.. akk ajj sampai gak napsu makan pertamanya, akk Cuma makan 1 puluk.an tok karna akk gak biasa makan seperti gitu. Sampaek akk mau mual gitu lihat makanan yang dibawah kaya’ bebek lagi makan L
*    Pukul 06.45-07.30
Setelah Selesai makan qta beres-beres. Waktu qta lagi beres-beres mas Hadi manggil salah satu anak buat nyari nama seseorang. Waktu disuruh nyari nama, nama yang dicari itu aneh-aneh seperti julukannya kulir tempe menjes, ada yang disuruh cari mbak galau, mbak cepat mati, mbak sperma, dll banyak deh, jadi ya rada susah nyarinya, sampek harus bolak-balik tanya ke mas Hadi. Waktu qta tanya ke kakak2 panitia dan senior ngga ada yang ngaku malah di tanyain ‘ngapain ada disini’. Sampe akhirnya mas Hadi dipanggil dan qta disuruh istirahat dan belajar buat persiapan materi.
*    Pukul 07.45-09.35
Belum selesai carinya kita disuruh kumpul karna ada materi pembidaian dari mas Ja’far, kita juga disuruh praktek cara pembidaian. Kelompok ku yang jadi korban Ekie dia patah tulang kaki distal kanan dan luka sobek tangan distal kiri, kelompok ku disuruh bagaimana kita menangani nya.

*    Pukul 09.35-09.45
Selesai materi kita disuruh packing karna kita mau pindah ke camp II , udah susah² bikin bivoac dibongkar lagi, padahal bikinnya malem² semua gak kelihatan tp tak apa lah entar bikin bivoac lagi di camp II .
*    Pukul 09.45-10.35
Sudah siap semua kita mulai perjalanan ke camp II dengan bawa beban tas yang berat lagi, perjalanan ini kami mulai hebat, kita bisa melewati jalan yang terjang hingga jatuh² terus karna kita semangat untuk mendapatkan sumber air, kita tetep terus jalan dengan memegang tongkat kayu agar tidak jatuh melulu. Ketika sumber air sudah dekat kita semua langsung cuci muka dan minum sepuasnya hhuuuhhh seggeerrr bangeettt J tidak peduli itu air sungai, karna akk udah terasa panas banget. Dan semua pada membawa air dari sungai dan dimasukan ke dalam botol, untuk persiapan nanti atau besok.
*    Pukul 10.35-13.20
Sesudah ambil air, kita di istirahatkan didekat sumber air tadi dan kita diberi materi pemindahan penderita dan membuat tandu yang diajari sama mas Acil. Setelah itu qta disuruh praktek pemindahan korban. Setelah itu praktek buat tandu. Waktu praktek buat tandu aq ngga ngerti cara2 ngiketnya rada-rada bingung.
Setelah itu kita shalat dhuhur dan diberi minum es oyen sama mas
² pembimbing. Setelah  shalat dan istirahat kita melanjutkan perjalanan ke camp II.
*    Pukul 13.20-13.35
Ini baru nyampai di camp II dan langsung disuruh mendirikan bivoac lagi,  keadaan ku sudah capek semua malah disuruh bikin bivoac L
Untungnya
camp II nya deket sama sungai jadi ngga jauh sama air deeh.
*    Pukul 13.35-14.35
Sudah selesai bikin bivoac, alhamdulilah... kita disuruh istirahat dan disuruh belajar materi SAR . didalem tenda kelompok ku malah curhat bareng² tentang kakak yang gak disuka :D
*    Pukul 14.35-16.30
Enak² nyantai malah satu per satu dipanggili sama KORLAP dan disuruh cari nama julukan yang diberi tadi pagi, namanya sulit, carinya juga sulit banget L sampek² akk disuruh nyanyi dan disuruh nglakuin apa ajj. Udah deh anehh tapi seruu :D
Klo nama julukannya sudah ketemu kita kembali dan disuruh shalat Ashar berjamaah.
*    17.30-17.40
Kita habis shalat langsung masak dan kita masak nasi mie goreng  dan ikan asin minumnya teh anget . menu makanannya sekarang mulai enak dan akk sudah napsu makan meski Cuma 3-4 puluk.an ajj udah kenyang dan bisa minum teh anget J
setelah makan kenyang kita disuruh shalat magrib berjamaah.
*    Pukul 17.50-18.22
Selesai makan dan shalat , kita malah disuruh bayar utang kita yang kurang 6 piring itu, percuma kita tadi makan enak tapi tetep ajj disuruh push up dan sit up. Perut malah sakit bangeett...
Akk siih gak apa tp kasian punggungku yang kena batu kecil
²  yang rasanya sakit banget L
*    Pukul 18.35-21.15
Selesai bayar utang tadi yang sudah lunas, kita semua pada diajak ketempat yang tempatnya jurang. Disitu kita diberi materi  SAR yang di beri sama mas Oi, disitu tempatnya gak enak, lampu elektriknya mati dan gak ada penerangan, waktu itu aq lagi ngantuk banget jadi materi yang disampaikan agak sedikit ngga masuk, tapi hamper semuanya aq ngerti garis besar dari materinya. Setelah itu terus habis materi SAR itu ditambah tes lagi, akk yang belum siap karna tadi yang gak terlalu jelas peneranganya. Tapi aneh nya akk ngantuk ku hilang -__-
*    Pukul 21.15-01.00
Selesai materi dan test yang dadak tadi itu , akk jdi ngga bisa tidur soalnya aq kepikiran apa yang akan terjadi nanti malem apakah ada jeritan malam lagi ???. Jadi malam itu aq harus tidur soalnya kalo besok aq ngantuk nanti aq malah ngga bisa ikut praktek SAR.  Kemudian tiba” akk ketiduran deehh nyenyak banget ahhh... (._.)



Hari Ketiga
Minggu, 23 September 2012

*    Pukul 01.00-02.00
Dugaan ku bener lagi, tadi sebelum tidur udah curhat ke temen² kalo nanti pasti dimarah²in lagi sama kakak² alumni lagi, kita udah siap dimarah²in karna kita juga salah. Dan yang lebih parahnya senior2nya lebih banyak lagi ngga kayak kemaren. Dan disini kakak panitia dan senior2nya termasuk korlapnya jahaaaat banget. Padahal kalo siangnya ngga terlalu jahat malah bisa di bilang baik banget, tapi kalo waktunya jeritan malam mereka kok berubah jadi JAHAAAAATT BANGET SEEHH !!!!!!!!!!!!!. Malah waktu itu mas Oi bilang kalo yang lain pulang kelompok 2 harus nginep lagi disana selama 1 minggu, haduhh ngga bisa ngebayangin deh kalo harus ada di sana selama 1 minggu ??. Terus juga waktu kelompok lain dihukum push up qta mau ikut push up juga, soalnya qta disana kn udah jadi keluarga, tapi waktu mau bantuin kakak panitianya malah marah-marah n ngga di blehin bantu aq kn jadi ngga tega. Waktu itu sebenernya aq mau nangis tapi ngga bisa nangis. Pokoknya jeritan malam hari terakhir bener-bener menegangkan+kakak2 panitia, dan kakak2 seniornya JAHAT BANGET. Beda banget kalo lagi siang atau ngga waktunya jeritan malam. Udahh ahhh... bahas itu malah bikin sebel -_-
*    Pukul 02.00-02.30
Selesai kita dimarah²in sama kakak² senior, kita diajak sama mas Sub ke tempat yang gelap dan sempit disana juga diberi nasehat dan pengarahan kenapa qta sampe digituin katanya ‘qta kurang bersifat kekeluargaan dan belum bisa menjaga etika’. Ya, menurut qu kata”nya mas Sub  ada benernya se, qt emang kurang bersifat kekeluargaan dan belum bisa menjaga etika. Setelah di nasehatin mbak Eka (mbak ketum) dateng sama bawa minum susu, air putih dan camilan. Setelah itu qta disuruh minum dulu (bergilir) setelah itu qta dikasih coklat. Mas Sub itu adalah malaikat tanpa sayap dehh bagi ku :*
*    Pukul 02.30-04.50
Sesudah  itu, kita disuruh tidur kembali ke bivoac masing² , akk dan temen satu bivoac malah curhat tentang tadi yang dimarah²in tadi :D terus ada korlap jadi disuruh tidur dehh.. -__-


*    Pukul 04.50-05.20
Belum² kita bangunin lagi disuruh shalat shubuh, meski sedikit agak mengantuk dan kedinginan qta tetep bangun dan melaksanakan sholat subuh. Selesai itu kita disuruh senam agar badan tidak terus kedinginan. Senam yang mimpin Zuhroh J
*    Pukul 05.20-06.45
Sesudah senam dan shalat kita disuruh masak yang banyak karna ini hari terakhir dan banyak kegiatan, terus logistiknya harus habis hari ini juga. Agar nanti pulang tidak membawa banyak beban lagi.  Semua pada masak mie goreng  7 , nasi ½ kg, ikan asin, kacang hijau. Semua kerja sama masak besar dan pasti nanti makan besar juga :D
Makanan sudah mateng kita semua pada makan besar enak sih enak tapi kebanyakan yang kacang hijaunya belum mateng, nasinya gosong :D
lucuu luuccuuu
J
*    Pukul 06.45-08.00
Habis makan besar kita disuruh belajar sambil nyantai J  belajar buat nanti ada kegiatan SAR . Setelah belajar kita packing dan beres²in semua barang karena kita mau pulang.
*    Pukul 08.15-11.30
Kita sudah beres² dan sudah bersih semua tinggal kita disuruh turun buat naruk tas karna kita mau praktek SAR , ceritanya kelompoknya dibagi 2 yaitu SRU 1 dan SRU 2 . akk di bagian SRU 1 yang disuruh cari korban dan harus ditangani langsung. Nahh,,, ini yang bikin akk deg-degan PRAKTEK SAR. Waktu praktek SAR kelompoknya dibagi jadi 2 kelompok. Setelah itu qta ke atas buat persiapan praktek, setelah itu kak Alfi ngasih ciri-ciri korban yang kecelakaan dan luka apa aja yang diderita. Waktu udah dimulai prakteknya agak sedikit susah se buat nyari korbannya ternyata mbak amas, tapi setelah itu ketemu kok. Waktu nanganin korban kelompok ku nanganinnya dalam keadaan panik. Setelah itu qta bawa korban turun.
*    Pukul 11.30-12.30
Setelah kita nyampek dibawah, korban ditanganin dan kesalahan kita dihitung, kita di siksa karena kesalahan kita nangani korban tadi. Sehingga kita disuruh push up terus di bawah matahari yang puanass dan banyak debu. Terus ada masalah tentang kak Adi karna dia hbis nampar kak acil, terus kita disuruh mukul kak Adi pakai sandal dan kita juga dipukul sama kak Adi karna kita juga harus tau gimana sakitnya dipukul itu.
habis itu kita nangis karna kita baru sadar kalo kekeluargaan itu dibutuhkan setiap hari. Satu sakit harus sakit semua. Sampek semua nangis dan terharu :’(
Terus kita semua ditenangin terlebih dahulu, lalu kita disuruh ngerendem disungai dengan berpakaian dan sepatuan sampai kita kedinginan, dan di suruh jalan merangkang dan berteriak PMRRR WIRA MANSDA... PMR WIRA MANSDA.. sampek capek hingga perjalanan mulai deket jalan keluar.
J
*    Pukul 13.00-13.30
Sesampai rumah logistik , kami semua upacara penutupan dan membacakan hasil kelulusan dan peringkat terbaik J
waktu pengumuman kelulusan perasaan ku mulai dag dig dug dengan perasaan yang gak karuan karna takut gak lulus --“ ketika namaku dipanggil akk senengnya gak karuan dehh
J
*    Pukul 13.30-14.00
Selesai semua itu dan sudah lega karna semua lulus dari DIKSAR, sekarang mulai lapar semua dan mulai makan bareng sam kakak senior juga makan dan webcame juga J  betapa indahnya bersama itu J
*    Pukul 14.00-15.15
Selesai makan , kita semua packing² karna mau pulang , disini mulai terasa indah ketika hari terakhir ini. Sebelum perjalanan pulang akk bilang dalam hati SEELLAAMMAAATTTT TTIIINNGGAAALLLLL ... :*
diperjalanan pulang akk terasa ngantuk dan capek banget, sesampai sekolah MANSDA akk terasa lesu gak kaya disana selalu semangat -_-


Pengalaman ini tak terlupakan :*





PENUTUP
 Demikian makalah dari saya, hanya ini yang dapat saya berikan karena saya jugamasih dalam tahap pembelajaran jadi kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Sekian dari saya apa biala ada salah kata harap memaklumi adanya dan demi kesempurnaan makalah ini saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.















Penyusun

Nauvalia Charismaningrum

0 komentar:

Posting Komentar